Instrumen Pasar Uang

Pasar uang adalah arena dimana lembaga keuangan menyediakan kesempatan bagi para peminjam dan investor keuangan untuk membeli dan menjual berbagai bentuk surat berharga jangka pendek. Tidak ada “pasar uang” secara fisik. Sebaliknya, hal ini adalah sebuah jaringan bank informal dan pedagang terkait dengan telepon, mesin fax, dan komputer. Pasar uang yang baik terletak di Amerika Serikat dan luar negeri.

Hutang jangka pendek dan efek yang dijual di pasar uang – dikenal sebagai instrument pasar uang – dengan jangka waktu 1 hari untuk 1 tahun dan sangat cair. Surat berharga, catatan lembaga federal, sertifikat deposito, deposito EuroDollar, kertas komersial, tagihan bankir, dan kesepakatan pembelian adalah contoh dari instrumen tersebut. Pemasok dana untuk instrumen pasar uang adalah institusi dan individu dengan preferensi untuk likuiditas tertinggi dan resiko terendah.

Pasar uang penting untuk bisnis karena mengijinkan perusahaan dengan kas lebih untuk berinvestasi dalam surat berharga jangka pendek; sebaliknya, perusahaan yang kekurangan uang tunai dapat menjual sekuritas atau meminjam dana berbasis jangka pendek. Pada dasarnya, pasar bertindak sebagai gudang untuk dana jangka pendek. Perusahaan-perusahaan besar umumnya menangani transaksi keuangan jangka pendeknya sendiri; mereka berpartisipasi di pasar melalui dealer / grantgould.com. Disisi lain, pengusaha kecil sering memilih untuk berinvestasi dalam dana pasar uang yang dikelola secara profesional reksadana yang hanya terdiri dari surat berharga jangka pendek.

Meskipun efek yang dibeli di pasar uang memiliki resiko kurang dari hutang jangka panjang, mereka sebenarnya tidak sepenuhnya bebas dari resiko. Bahkan bank terkadang gagal dan nasib perusahaan dapat berubah dengan cepat. Resiko rendah dikaitkan dengan pemberi pinjaman yang selektif. Pemberi pinjaman yang menawarkan dana dengan jangka waktu hampir seketika (besok) tidak bisa menghabiskan terlalu banyak waktu untuk kualifikasi peminjam dan dengan demikian, hanya memilih peminjam chip-biru. Oleh karena itu, pembayaran menjadi terjamin. Peminjam dengan mandate yang lebih sedikit biasanya sulit mendapatkan uang dari pasar ini, terkecuali melalui dana yang sudah mapan.

Jenis Instrumen Pasar Uang

  • Surat Berharga

Surat berharga (T-Bills) adalah catatan jangka pendek yang dikeluarkan oleh pemerintah AS. Mereka datang dalam 3 pilihan jatuh tempo yang berbeda yaitu 90 hari, 180 hari dan 360 hari. 2 pilihan dilelah setiap minggu, sedangkan jenis tahunan dilelang bulanan. T-Bills dapat dibeli langsung melalui lelang atua tidak langsung melalui pasar sekunder. Pembeli T-Bills dalam pelelangan dapat memasukkan tawaran yang kompetitif (meskipun metode ini membutuhkan resiko bahwa tagihan tidak dapat dibuat tersedia) atau tawaran kompetitif. T-Bills untuk tawaran kompetitif disediakan dengan harga rata-rata semua tawaran yang kompetitif dan sukses.

  • Catatan Lembaga Federal

Beberapa lembaga pemerintah federal mempunyai obligasi jangka pendek dan jangka panjang, termasuk lembaga kredit Fannie Mae dan Sallie Mae. Obligasi ini umumnya tidak didukung oleh pemerintah sehingga mereka menawarkan hasil yang sedikit lebih tinggi dari T-Bills, tetapi resiko kegagalan sangatlah kecil. Agen sekuritas diperdagangkan secara aktif, tetapi tidak cukup berharga dibandingkan T-Bills. Korporasi adalah pembeli utama dari jenis instrument pasar uang.

  • Pembebasan Pajak Jangka Pendek

Instrumen ini adalah catatan jangka pendek yang dikeluarkan oleh pemerintah wilayah bagian dan kota. Meskipun mereka membawa resiko lebih besar daripada T-Bills dan cenderung kurang bisa dinegosiasikan, mereka memiliki manfaat tambahan bahwa bunga tidak dikenakan pajak pendapatan federal. Untuk alasan ini, perusahaan-perusahaan menemukan bahwa hasil yang lebih rendah sangat bermanfaat  kepada jenis investasi jangka pendek.

  • Sertifikat Deposito

Sertifikat deposito adalah sertifikat yang diterbitkan oleh bank federal charter terhadap simpanan yang memperoleh laba tertentu untuk jangka waktu tertentu. Ini adalah salah satu dari beberapa jenis bunga “deposito” yang ditawarkan oleh bank. Seorang individu atau perusahaan meminjamkan bank sejumlah uang untuk jangka waktu tertentu dan dalam pertukaran tersebut, bank setuju untuk membayar uang dengan bunga tertentu pada akhir periode waktu. Sertifikat merupakan perjanjian bank untuk membayar kembali pinjaman. Tingkat tempo pada sertifikat deposito berkisar dari 30 hari sampai 6 bulan atau lebih, dan jumlah nilai nominal dapat bervariasi juga. Biasanya ada denda untuk penarikan awal dana, tetapi beberapa jenis sertifikat deposito dapat dijual kepada investor lain jika pembeli asli membutuhkan akses ke uang sebelum tanggal jatuh tempo.

  • Kertas Komersial

Kertas komersial mengacu tanpa jaminan jangka pendek yang diterbitkan oleh perusahaan finansial dan non-finansial. Kertas komersial memiliki jatuh tempo hingga 270 hari (maksimum yang diperbolehkan tanpa persyaratan pendaftaran SEC). Volume dolar untuk kertas komersial melebihi jumlah instrument pasar uang selain T-Bills. Hal ini biasanya dikeluarkan oleh perusahaan kredit yang besar dan membawa resiko gagal bayar yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *